• SEMNAS

    SEMNAS

    SEMINAR NASIONAL

    “SELAMATKAN PROFESI DAN PRAKTIK MANDIRI PERAWAT DENGAN RUU KEPERAWATAN”

     

    UNISSULA Semarang, kembali mengadakan kegiatan besar dengan acara Seminar Nasional Keperawatan . Sebagai tuan rumah adalah Fakultas Ilmu Keperawatan khususnya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi D III Keperawatan. Bertempat di aula lantai  3 gedung Fakultas Kedokteran , seminar nasional ini mengusung tema “ Selamatkan Profesi Perawat dan Praktik Mandiri Keperawatan dengan Undang Undang “, dengan  2  pembicara Ketua PPNI Pusat  Ibu Dewi Irawaty,MA.PhD dan Bp. Kusman Ibrahim, SKp.MNS,PhD dari Universitas Padjadjaran.

    Suasana seminar berjalan dengan aktif, semangat, mengingat selain tema yang diusung merupkan tema yang hangat dan crusial, gedung yang dipenuhi  700 peserta ini , penuh dengan semangat perawat yg ingin mendengarkan secara langsung paparan dari ketua Umum PPNI  Pusat karena pada hari ini adalah momen kunjungan perdana  ketua umum PPNI pusat di Jawa Tengah.

    Acara dibuka oleh WR III Unissula, dan dipandu oleh moderator Retno Setyawati,SKep.Ns,SpKMB.

    Dalam paparannya Dewi Irawaty menyampaikan secara umum yang diperjuangkan dalam UU Keperawatan adalah :

    1.       Perlindungan Hukum Perawat dan Masyarakat

    2.       Kejelasan kewenangan : hak dan kewajiban

    3.       Kesempatan Praktik Mandiri

    4.       Tersedia dan terjaminnya askep profesional

    5.       Jasa profesi

    6.       Pendidikan berkelanjutan

    7.       Penghargaan dan fasilitas / jaminan kerja

    Menurutnya , asuhan keperawatan dapat dilakukan melalui tindakan keperawatan mandiri dan atau kolaborasi dengan tim kesehatan dan atau dengan sektor terkait lain .Dekan Fakultas Ilmu keperawatan, Iwan Ardian,SKM menambahkan bahwa dukungan terhadap acara ini adalah karena sejak dini calon perawat harus dikenalkan tentang tugas, hak dan kewajibannya, sehingga segala tindakan yg dilakukan senantiasa terlindung oleh payung Undang Undang Praktik Keperawatan, sehingga perannya di masyarakat bersifat selamat dan menyelamatkan.

    Adapun menurut narasumber yang kedua bahwa perawat dengan ketrampilan yg dimiliki perawat hendaknya dilindungi oleh undang undang yang melindungi perawat dan masyarakat.

    Selamat dan sukses dengan telah terselenggaranya seminar nasional keperawatan

    {youtubejw}n9FvG43zb14{/youtubejw}

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply