SILABUS dan CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

 

UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN PROGRAM STUDI PROFESI NERS

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Nama Stase Kode Stase Rumpun MK Bobot (sks) Seme ster Tanggal Penyusunan
Keperawatan Medikal Bedah Ns.102 Keperawatan K/L: 6 1 03 Januari 2020
 

 

 

Otorisasi

Ketua/Koordinato r/ Dosen Pengembang RPS  

Ketua/Koordinator Stase

 

Ketua PRODI

Tanda Tangan

 

 

(Ns. Ahmad Ikhlasul Amal, MAN)

Tanda Tangan

 

 

(Ns. Ahmad Ikhlasul Amal, MAN)

Tanda Tangan

 

 

(Ns. Tutik Rahayu, M.Kep., Sp.Kep.Mat)

Capaian Pembelajar an (CP) AACPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan padaStase
S.1 Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan

mampu menunjukkan sikap religius

 

S.5

Menghargai           keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S.10 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas

pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

S.12

Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan kode etik perawat Indonesia
 

 

 

S.13

Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya
 

 

P.5

menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan medikal bedah
P.6 Menguasai    konsep     dan     tehnik     penegakan

diagnosis asuhan keperawatan

   

KK.2

Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi( keperawatan medikal bedah
KK.5 Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalam dan keluasan terbatas berdasarkan analisa data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhan keperawata
 

KK.6

Mampu memberikan asuhan peka budaya dengan mengharga etnik agama atau faktor lain dari setiap klien yang unik
 

KK.7

Mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepat dan tepat dan melaporkan kondisidan tindakan asuhan kepada penanggungjawab perawatan
KK.9 Mampu melakukan komunikasi terapiutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan atau keluarga atau pendaping atau penasehat untuk mendapatkan persetujuankeperawatan yang menjadi tanggungjawabnya
KK.14 Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawat an untuk mengembangkan langkah strategis organisasi
KU.6 Bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang profesinya sesuai kode etik profesinya
 

KU.12

Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
 

KP.8

Mampu memberikan asuhan keperawatan pemenuhan kebutuhan spiritual seperti membantu pelaksanaan ibadah dalam kondisi sakit, managemen keperawatan Islami, penatalaksanaan kebutuhan terminal secara Islami
Capaian Pembelajaran Stase
 

CPS 1

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah pada klien dewasa dengan gangguan sistem

pernapasan

 

CPS 2

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan

system Cardiovaskuler

 

CPS 3

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan system Pencernaan
 

CPS 4

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system muskuluskeletal
 

CPS 5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system

system persyarafan

 

CPS 6

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah klien dewasa gangguan system Endokrin
   

CPS 7

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Perkemihan
   

CPS 8

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system

Integumen

 

CPS 9

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system

hematologi

 

CPS 10

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa system Pengindraan (THT dan penglihatan)
 

CPS 11

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system

Imun

 

CPS 12

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan penyakit

tropis

 

 

CPS 13

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan tindakan operasi (Peri Operatif, Intra Operatif, dan Post Operatif)
 

CPS 14

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan tindakan

Hemodialisa di Unit Hemodialisa

Diskripsi Singkat Stase Stase ini berfokus pada pemberian asuhan keperawatan, serta respon klien dewasa dan keluarganya pada setiap system tubuh dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif.
Daftar Referensi Al- Quran

Hadist

AIPNI. (2015).Kurikulum Ners Mengacu KKNI Tahun 2014. Jakarta Black, J.M., & Hawks. J.H. (2014). Medical Surgical Nursing: Clinical

Management or Positive Outcomes.(8th ed). St.Louis: Elsevier Inc.

Hickey, V. J., (2014).The clinical practice of neurological and neurosurgical nursing.(7th Edition). USA: Philadelphia: Lippincott William & Wilkins

Janitra F.E., Sri Wahyuningsih I., Wijayanti K. (2020) Breast Cancer Wound and Palliative Care (BESTCARE)

Kowalak P. J., Welsh, W. Mayer, B.(2012).Buku ajar patofisiologi (profesional guide to pathophysiology).Alih Bahasa Andry Hartono, Editor Bahasa Indonesia Renata Komalasari, Anastasia Onay, Tampubolon, Monica Ester.Jakarta: EGC

Kozier B. ERb.G;Berwan A,J, & Burke,K.(2008). Fundamental of Nursing : Concepts : Process and Practice. New Jersy ; Prentice Hall Health

Lewis, S.L. (2011). Medical surgical nursing: Assessment and

management of clinical problems (8th ed). Philadelphia: Elsevier Inc.

Misbach, J. & Kalim, H. (2011). Stroke aspek diagnostik, patofisiologi, manajemen. Jakarta : Balai Penerbit FKUI

Melastuti E. (2020). Gambaran Psychology Well Being (Kesejahteraan Psikologi) Terhadap Kepatuhan Manajemen Diri Pasien Hemodialisis

Noor M.A., Setyawati R (2020). Pengaruh Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique)  Terhadap Tingkat Kecemasan  Pada Klien Pre Operasi

Noor M.A., Suyanto (2020). Implementasi Digital Modern Wound Irigation Device (DMWID) di Bansal Perawatan RSI Sultan Agung Semarang

Potter and Perry. 2010. Fundamentals of nursing fundamental keperawatan. Singapore: Elsevier Pte Ltd.

Price, S.A., & Wilson, L.M. (2012). Patofisiologi: Konsep klinis proses- proses penyakit. (Brahm U.Pendit, Huriawati Hartanto, Pita Wulansari & Dewi Asih Mahanani, penerjemah). Jakarta: EGC. Sherwood, L. (2013). Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem, Edisi 8. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: EGC

Silverthorn, D. U., Johnson, B. R. Ober, C. W, Garrison, C.W. Silverthorn, A.C. (2015).Fisiologi manusia : sebuah pendekatan terintegrasi (human physiology: an integrated approach). Edisi

  1. Indonesia : Jakarta :EGC

Smeltzer, S.C., Bare, B.G. (2011). Brunner & suddarth’s textbook of medical surgical nursing. 12th edition. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Udjianti W.J., 2010. Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta:Salemba Medika

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia (1st ed.). Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (I). Jakarta.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1st ed.). Jakarta: Dewan PengurusPusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

 

Kemampuan

akhir yang diharapkan

 

Bahan Kajian

Metode

Pembe- lajaran

Alokasi waktu Pengalam an Belajar  

Penilaian

Penang

gung Jawab

HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah pada klien dewasa dengan gangguan sistem pernapasan Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien asma, TB paru, PPOK, COPD,

efusi pleura, pneumoni a, bronkhitis, ISPA, dan

lainnya

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan

system

Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus CHF, SKA,

perikarditis

/ miokarditis

/

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Presept or Klinik dan/atau Presept

or

  Cardiovaskule r     endokardit is, penyakit keganasa n pada vaskuler (LMNH,

LH), dan lainnya

Procedural Skills Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan system Pencernaan Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Thypoid, hepatitis, Gastroent eritis, appendiksi tis, Ca Colon, sirosis hepatis, hernia, hemoroid,

dan lainnya

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system muskuluskelet al Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus fraktur, osteomielit is, strain, sprain, gout, keganasa n pada musculosk eletal (osteoblas

toma), dan lainnya

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system persyarafan Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Stroke, Sindrome Guillaine Barre, trauma kepala, tumor

otak, Hernia

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k

 

        Nucleus Pulposus, dan

lainnya

   
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah klien dewasa gangguan system Endokrin Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus DM, hipertiroid, hipotiroid, dan lainnya Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi

k

HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Perkemihan Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Cronic Kidney Disease, Gagal Ginjal Akut, Urolithiasi s, Benigna Prostat Hiperplasi a, Infeksi Saluran Kemih / glomerulo nefritis, sindroma nefrotik, striktur uretra, penyakit keganasa n sistem perkemiha n dan

lainnya

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system

Integumen

Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus combustio, Sindrome Steven Johnson, dermatitis,

melanoma

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Presept or Klinik dan/atau Presept

or

        , dan lainnya Procedural Skills Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Pengindraan (THT dan Penglihatan) Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Otitis media, tonsilitis, sinusitis, ca laring, katarak, glaukoma, trauma pada mata, keganasa n pada mata, dan lainnya Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Imun Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus HIV/AIDS,

hipersensit ivitas, Sindrome Lupus Eritematos us, dan

lainnya

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or

Akademi k

HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan penyakit tropis Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus DHF,

malaria, leptospiros is, dan lainnya

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or

akademi k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or

Akademi k

HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1 Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika

n masalah

Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus

operasi

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 masalah pada klien dewasa dengan tindakan operasi (Peri Operatif, Intra Operatif, dan

Post Operatif)

BST @ 100

menit

(Peri Operatif, Intra Operatif, dan Post Operatif) DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dengan tindakan Hemodialisa di Unit Hemodialisa Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus ERSD

(End Stage Renal Disease) di unit hemodialis a

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi

k

HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Imun Pre-Post Confere nce @ 20 menit Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Polisitemia vera, Limfoma, Leukimia, Multiple myeloma, Sindrom mielodispl astik (praleukim ia), Trombosit openia, Hemofilia, Trombofili

a

Diskusi LP Refleksi kasus Presept or Klinik
Confere nce @ 50 menit Presentasi artikel Presept or akademi

k

BST @ 100

menit

DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1

 

SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5

Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dan keluarga pada 12 system tubuh manusia Ujian Klinik @ 170

menit

Memberik an asuhan keperawat an pada klien dan penerapan tindakan pemenuha n kebutuhan spiritual klien dengan kasus pada 12 system tubuh

manusia

Resume askep Cex Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k

 

 

1