SILABUS dan CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN PROGRAM STUDI PROFESI NERS |
|||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) | |||||||
Nama Stase | Kode Stase | Rumpun MK | Bobot (sks) | Seme ster | Tanggal Penyusunan | ||
Keperawatan Medikal Bedah | Ns.102 | Keperawatan | K/L: 6 | 1 | 03 Januari 2020 | ||
Otorisasi |
Ketua/Koordinato r/ Dosen Pengembang RPS |
Ketua/Koordinator Stase |
Ketua PRODI |
||||
Tanda Tangan
(Ns. Ahmad Ikhlasul Amal, MAN) |
Tanda Tangan
(Ns. Ahmad Ikhlasul Amal, MAN) |
Tanda Tangan
(Ns. Tutik Rahayu, M.Kep., Sp.Kep.Mat) |
|||||
Capaian Pembelajar an (CP) | AACPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan padaStase | ||||||
S.1 | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan
mampu menunjukkan sikap religius |
||||||
S.5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | ||||||
S.10 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||
S.12 |
Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan kode etik perawat Indonesia | ||||||
S.13 |
Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya | ||||||
P.5 |
menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan medikal bedah | ||||||
P.6 | Menguasai konsep dan tehnik penegakan
diagnosis asuhan keperawatan |
KK.2 |
Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi( keperawatan medikal bedah | |
KK.5 | Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalam dan keluasan terbatas berdasarkan analisa data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhan keperawata | |
KK.6 |
Mampu memberikan asuhan peka budaya dengan mengharga etnik agama atau faktor lain dari setiap klien yang unik | |
KK.7 |
Mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepat dan tepat dan melaporkan kondisidan tindakan asuhan kepada penanggungjawab perawatan | |
KK.9 | Mampu melakukan komunikasi terapiutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan atau keluarga atau pendaping atau penasehat untuk mendapatkan persetujuankeperawatan yang menjadi tanggungjawabnya | |
KK.14 | Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawat an untuk mengembangkan langkah strategis organisasi | |
KU.6 | Bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang profesinya sesuai kode etik profesinya | |
KU.12 |
Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri | |
KP.8 |
Mampu memberikan asuhan keperawatan pemenuhan kebutuhan spiritual seperti membantu pelaksanaan ibadah dalam kondisi sakit, managemen keperawatan Islami, penatalaksanaan kebutuhan terminal secara Islami | |
Capaian Pembelajaran Stase | ||
CPS 1 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah pada klien dewasa dengan gangguan sistem
pernapasan |
|
CPS 2 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan
system Cardiovaskuler |
|
CPS 3 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan system Pencernaan | |
CPS 4 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system muskuluskeletal | |
CPS 5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system
system persyarafan |
|
CPS 6 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah klien dewasa gangguan system Endokrin |
CPS 7 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Perkemihan | |
CPS 8 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system
Integumen |
|
CPS 9 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system
hematologi |
|
CPS 10 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa system Pengindraan (THT dan penglihatan) | |
CPS 11 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan system
Imun |
|
CPS 12 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa gangguan penyakit
tropis |
|
CPS 13 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan tindakan operasi (Peri Operatif, Intra Operatif, dan Post Operatif) | |
CPS 14 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah masalah pada klien dewasa dengan tindakan
Hemodialisa di Unit Hemodialisa |
|
Diskripsi Singkat Stase | Stase ini berfokus pada pemberian asuhan keperawatan, serta respon klien dewasa dan keluarganya pada setiap system tubuh dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif. | |
Daftar Referensi | Al- Quran
Hadist AIPNI. (2015).Kurikulum Ners Mengacu KKNI Tahun 2014. Jakarta Black, J.M., & Hawks. J.H. (2014). Medical Surgical Nursing: Clinical Management or Positive Outcomes.(8th ed). St.Louis: Elsevier Inc. Hickey, V. J., (2014).The clinical practice of neurological and neurosurgical nursing.(7th Edition). USA: Philadelphia: Lippincott William & Wilkins Janitra F.E., Sri Wahyuningsih I., Wijayanti K. (2020) Breast Cancer Wound and Palliative Care (BESTCARE) Kowalak P. J., Welsh, W. Mayer, B.(2012).Buku ajar patofisiologi (profesional guide to pathophysiology).Alih Bahasa Andry Hartono, Editor Bahasa Indonesia Renata Komalasari, Anastasia Onay, Tampubolon, Monica Ester.Jakarta: EGC Kozier B. ERb.G;Berwan A,J, & Burke,K.(2008). Fundamental of Nursing : Concepts : Process and Practice. New Jersy ; Prentice Hall Health Lewis, S.L. (2011). Medical surgical nursing: Assessment and management of clinical problems (8th ed). Philadelphia: Elsevier Inc. |
Misbach, J. & Kalim, H. (2011). Stroke aspek diagnostik, patofisiologi, manajemen. Jakarta : Balai Penerbit FKUI
Melastuti E. (2020). Gambaran Psychology Well Being (Kesejahteraan Psikologi) Terhadap Kepatuhan Manajemen Diri Pasien Hemodialisis
Noor M.A., Setyawati R (2020). Pengaruh Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Klien Pre Operasi
Noor M.A., Suyanto (2020). Implementasi Digital Modern Wound Irigation Device (DMWID) di Bansal Perawatan RSI Sultan Agung Semarang
Potter and Perry. 2010. Fundamentals of nursing fundamental keperawatan. Singapore: Elsevier Pte Ltd.
Price, S.A., & Wilson, L.M. (2012). Patofisiologi: Konsep klinis proses- proses penyakit. (Brahm U.Pendit, Huriawati Hartanto, Pita Wulansari & Dewi Asih Mahanani, penerjemah). Jakarta: EGC. Sherwood, L. (2013). Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem, Edisi 8. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: EGC
Silverthorn, D. U., Johnson, B. R. Ober, C. W, Garrison, C.W. Silverthorn, A.C. (2015).Fisiologi manusia : sebuah pendekatan terintegrasi (human physiology: an integrated approach). Edisi
Smeltzer, S.C., Bare, B.G. (2011). Brunner & suddarth’s textbook of medical surgical nursing. 12th edition. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
Udjianti W.J., 2010. Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta:Salemba Medika
Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia (1st ed.). Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (I). Jakarta.
Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1st ed.). Jakarta: Dewan PengurusPusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Kemampuan
akhir yang diharapkan |
Bahan Kajian |
Metode
Pembe- lajaran |
Alokasi waktu | Pengalam an Belajar |
Penilaian |
Penang
gung Jawab |
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah pada klien dewasa dengan gangguan sistem pernapasan | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien asma, TB paru, PPOK, COPD,
efusi pleura, pneumoni a, bronkhitis, ISPA, dan lainnya |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan
system |
Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus CHF, SKA,
perikarditis / miokarditis / |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of | Presept or Klinik dan/atau Presept
or |
Cardiovaskule r | endokardit is, penyakit keganasa n pada vaskuler (LMNH,
LH), dan lainnya |
Procedural Skills | Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dengan gangguan system Pencernaan | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Thypoid, hepatitis, Gastroent eritis, appendiksi tis, Ca Colon, sirosis hepatis, hernia, hemoroid,
dan lainnya |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system muskuluskelet al | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus fraktur, osteomielit is, strain, sprain, gout, keganasa n pada musculosk eletal (osteoblas
toma), dan lainnya |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system persyarafan | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Stroke, Sindrome Guillaine Barre, trauma kepala, tumor
otak, Hernia |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k |
Nucleus Pulposus, dan
lainnya |
||||||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah klien dewasa gangguan system Endokrin | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus DM, hipertiroid, hipotiroid, dan lainnya | Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi
k |
|||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Perkemihan | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Cronic Kidney Disease, Gagal Ginjal Akut, Urolithiasi s, Benigna Prostat Hiperplasi a, Infeksi Saluran Kemih / glomerulo nefritis, sindroma nefrotik, striktur uretra, penyakit keganasa n sistem perkemiha n dan
lainnya |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system
Integumen |
Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus combustio, Sindrome Steven Johnson, dermatitis,
melanoma |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of | Presept or Klinik dan/atau Presept
or |
, dan lainnya | Procedural Skills | Akademi k | ||||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Pengindraan (THT dan Penglihatan) | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Otitis media, tonsilitis, sinusitis, ca laring, katarak, glaukoma, trauma pada mata, keganasa n pada mata, dan lainnya | Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Imun | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus HIV/AIDS,
hipersensit ivitas, Sindrome Lupus Eritematos us, dan lainnya |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or
Akademi k |
|||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan penyakit tropis | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus DHF,
malaria, leptospiros is, dan lainnya |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or
akademi k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or
Akademi k |
|||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1 | Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika
n masalah |
Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus
operasi |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 | masalah pada klien dewasa dengan tindakan operasi (Peri Operatif, Intra Operatif, dan
Post Operatif) |
BST | @ 100
menit |
(Peri Operatif, Intra Operatif, dan Post Operatif) | DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k |
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dengan tindakan Hemodialisa di Unit Hemodialisa | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus ERSD
(End Stage Renal Disease) di unit hemodialis a |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi
k |
|||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa gangguan system Imun | Pre-Post Confere nce | @ 20 menit | Memberik an asuhan keperawat an pada klien dengan kasus Polisitemia vera, Limfoma, Leukimia, Multiple myeloma, Sindrom mielodispl astik (praleukim ia), Trombosit openia, Hemofilia, Trombofili
a |
Diskusi LP Refleksi kasus | Presept or Klinik |
Confere nce | @ 50 menit | Presentasi artikel | Presept or akademi
k |
|||
BST | @ 100
menit |
DOPS/Dir ect Observatio n of Procedural Skills | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k | |||
HARDSKILL P1, P2, P3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KU1, KU2, KP1
SOFTSKILL S1, S2, S3, S4, S5 |
Mampu menggunakan berbagai proses keperawatan dalam menyelesaika n masalah masalah pada klien dewasa dan keluarga pada 12 system tubuh manusia | Ujian Klinik | @ 170
menit |
Memberik an asuhan keperawat an pada klien dan penerapan tindakan pemenuha n kebutuhan spiritual klien dengan kasus pada 12 system tubuh
manusia |
Resume askep Cex | Presept or Klinik dan/atau Presept or Akademi k |