Silabus Kespro – FIK UNISSULA
  • Silabus Kespro

    SATUAN ACARA PERKULIAHAN

    MATA KULIAH : KESEHATAN REPRODUKSI

    BOBOT :  3 SKS (T : 2, P : 1)

     

    Pertemuan ke

    Pokok Bahasan

    (Tujuan Intruksional Umum/TIU)

    Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK)

    Cara Pembelajaran

    Media

    Tugas

    Referensi

    1

    KONSEP KESEHATAN REPRODUKSI

     

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

    1.1.1        Defenisi kesehatan reproduksi

    1.1.2        Ruang lingkup kesehatan reproduksi dalam siklus kehidupan

    1.1.3        Hak-hak reproduksi

     

    Mahasiswa mampu menjelaskan menjelaskan konsep kesehatan reproduksi dengan benar.

    Brain storming

    CTJ

    Multimedia, Hand out

    BU 2

    BA 2, 3

    2

    2.1  ASUHAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA

     

    2.2  MELIBATKAN WANITA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

     

     

     

     

     

     

    Mahasiswa dapat menerapkan peran dan tugas bidan dalam PHC untuk kesehatan wanita yang menekankan pada aspek pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia, Hand out

    BU 1,2

    BA 2, 3, 8, 11, 12, 13

     

     

     

     

     

    3

    3.1  SIKLUS KESEHATAN WANITA, KONSEPSI, BAYI DAN ANAK, REMAJA, DEWASA, USIA LANJUT

    3.2  PERUBAHAN YANG TERJADI PADA SETIAP TAHAP

    3.3  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan dengan benar.

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia, Hand out

    Quiz

    BU 2

    4

    4.1  ASPEK YANG DIKAJI DALAM SETIAP TAHAP KEHIDUPAN

     

    4.2  INDIKATOR PEMANTAUAN

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

    4.1.1        Fisik

    4.1.2        Psikososial

     

     

     

    Mahasiswa dapat melakukan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia, Hand out

    BU 1, 2, 3

    BA 1, 3, 4, 8, 10

    5

    MASALAH GANGGUAN PADA KESEHATAN REPRODUKSI DAN UPAYA PENANGGULANGAN

     

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

    5.1.1        Infertilitas

    5.1.2        Seksual Transmitted Deseases (STD)/Infeksi Menular Seksual (PMS)

     

    Mahasiswa dapat melakukan pemantauan gangguan pada kesehatan reproduksi wanita dan penanggulangannya dengan benar

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia, Hand out

    BU 1, 2, 3

    BA 1, 3, 4, 8, 10

    6

    MASALAH GANGGUAN PADA KESEHATAN REPRODUKSI DAN UPAYA PENANGGULANGAN

     

     

     

     

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

    5.1.3        Gangguan haid

    5.1.4        Pelvic Inflamatory Deseases (PID)

    5.1.5        Unwanted pregnancy dan aborsi

    5.1.6        Hormon replacement therapy (HRT)

     

    Mahasiswa dapat melakukan pemantauan gangguan pada kesehatan reproduksi wanita dan penanggulangannya dengan benar

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia, Hand out

    BU 1, 2, 3

    BA 1, 3, 4, 8, 10

    7

    SKRINING UNTUK KEGANASAN DAN PENYAKIT SISTEMIK

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

     

     

     

    Mahasiswa mampu melakukan skrining pada keganasan dan gangguan sistemik.

    Brain storming

    CTJ

     

    Flipchart

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    Quiz

    BU 1

    Hal 21-23, 76-103, 126-163

     

     

     

    8

    UJIAN TENGAH SEMESTER

    9

    9.1  STATUS SOSIAL WANITA

     

    9.2  NILAI WANITA

     

    9.3  PERAN WANITA

     

    9.4  PERMASALAHAN KESEHATAN WANITA DALAM DIMENSI SOSIAL DAN UPAYA MENGATASINYA

     

     

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

     

     

     

     

     

     

    9.4.1        Kekerasan

    9.4.2        Perkosaan pelecehan seksual

    9.4.3        Single parent

    9.4.4        Perkawinan usia muda dan tua

    Mahasiswa dapat menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya dengan benar

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    BU 2

    BA 4, 6, 11, 12, 13

    10

    9.4  PERMASALAHAN KESEHATAN WANITA DALAM DIMENSI SOSIAL DAN UPAYA MENGATASINYA

     

     

     

     

     

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

    9.4.5        Wanita di tempat kerja

    9.4.6        Incest

    9.4.7        Home less

    9.4.8        Wanita di pusat rehabilitasi

    9.4.9        Pekerja seks komersial

    9.4.10    Drug abuse

    9.4.11    Pendidikan

    9.4.12    Upah

     

    Mahasiswa dapat menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya dengan benar

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    BU 2

    BA 4, 6, 11, 12, 13

    11

    11.1SEKSUALITAS DAN GENDER

    11.2BUDAYA YANG BERPENGARUH TERHADAP GENDER

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

     

     

     

     

    Mahasiswa dapat menguraikan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    BA 5, 6, 9

    12

    DISKRIMINASI GENDER

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

     

     

    Mahasiswa dapat menguraikan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    Quiz

    BA 5, 6, 9

    13

    UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF MENURUT LEAVEL DAN CLARK

     

     

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

    13.1      HEALTH PROMOTION

    13.2      SPESIFIC PROTECTION

    13.3      EARLY DIAGNOSIS AND PROMOTIF TREATMENT

     

    Mahasiswa dapat melaksanakan upaya promotif dan preventif menurut leavel dan clark

    dengan benar

     

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    BU 1, 2

    BA 2, 3, 7

    14

    UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF MENURUT LEAVEL DAN CLARK

     

    Mahasiswa mampu untuk memahami kesehatan reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikososial dan sosial spiritual, kesehatan reproduksi dalam perspektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

     

    13.4      DISABILITATION

    13.5      REHABILITATION

     

    Mahasiswa dapat melaksanakan upaya promotif dan preventif menurut leavel dan clark

    dengan benar

     

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    BU 1, 2

    BA 2, 3, 7

    15

    INDIKATOR STATUS KESEHATAN WANITA

     

     

     

     

    Mahasiswa mampu   mengorganisir komponen-komponen yang mempengaruhi paradigma kebidanan dalam  menerapkan kebidanan sebagai profesi, dan juga membedakan peran, fungsi dan kompetensi bidan sesuai dengan kriteria standar praktik dalam pengambilan keputusan serta mampu menguraikan lisensi dan legislasi dalam praktik kebidanan dan mampu mendesain pola pengembangan pendidikan dan karir bidan

    15.1Pendidikan

    15.2Penghasilan

    15.3Usia harapan hidup

    15.4Angka kematian ibu

    15.5Tingkat kesuburan

     

    Mahasiswa mampu mengidentifikasi indikator status kesehatan wanita

    Brain storming

    CTJ

     

    Multimedia

    Hand Out

    White board

     

    Quiz

    BA 1, 2, 6

     

    16

    UJIAN AKHIR SEMESTER

     

    Referensi :

    Buku Utama   :

    1. Varney’s Midwifery, third edition, 1997.
    2. Valery Edge, Mindi Miller, 1994.  Women’s Health Care, Mosby USA.
    3. Betty R. Sweet, 1997. Mayes a Textbook for Midwives.
    4. V. Ruth Bennett, Linda K. Brown, 1999. Myles Textbook for Midwives.

     

    Buku Anjuran :

    1. Ida Bagus Gede Manuaba, 1999, Memahami Kesehatan Reprodukis Wanita, Area EGC Jakarta.
    2. Depkes RI, 1998, Modul Safe Motherhood, Jakarta.
    3. Suryadi C dkk, 2002, Kesehatan Reproduksi, Buku I dan II, FKM UI.
    4. Depkes RI, 2002, Pelatihan Bimbingan dan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi remaja.
    5. Azrul Azwar, Peran Gender.
    6. Jasir Faizal, 200, Pemberdayaan Wanita dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta.
    7. Sarwono, 1997, Penyakit Kandungan, Jakarta.
    8. Dirjen Kesmas, Binkesga, 2002, Program Kesehatan Reproduksi dan Pelayanan Integratif di Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta.
    9. Dirjen Kesmas, Binkesga, 2000, Pengaruh Utama Jender dalam Bidang Kesehatan, Depkes RI, Jakarta.

    10.  BKKBN, 2001, Penanggulangan HIV (AIDS) Melalui Peningkatan Ketahanan Keluarga, Jakarta.

    11.  BKKBN, 2001, Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta.

    12.  BKKBN, 2001, Tanya Jawab Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta.

    13.  BKKBN, 2001, Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Program KPR dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi, Jakarta.

     

     

    Semarang, …………………………..

    DOSEN PENGAMPU

     

     

    ENDANG SURANI,S.SiT.,M.Kes

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply