Lab Keperawatan

Laboratorium Keperawatan

Laboratorium Skill Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA didirikan pada tahun 1997 dibawah institusi Akademi Keperawatan Islam Sultan Agung. Kemudian pada tahun 2007 Akademi Keperawatan Islam Sultan Agung bergabung dengan Universitas Islam Sultan Agung sehingga Lab Skill Keperawatan yang dulu dibawah institusi Akademi Keperawatan Islam Sultan Agung menjadi Lab Skill Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA pd tahun yang sama.Lab Skill Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan  pada mulanya menempati ruangan seluas 160m2 yang terdiri dari 8 ruang perkuliahan berukuan 12 m2, 1 ruang penyimpanan alat berukuran 21 m2 dan 1 ruang pengelola berukuran 21 m2. Pada tahun 2006, Akademi Keperawatan Islam Sultan Agung menempati gedung baru sehingga Lab Skill Keperawatan juga menempati ruangan baru seluas 180 m2, yang terdiri dari 8 ruang perkuliahan berukuran 16 m2, ruang pengelola dan penyimpanan alat berukuran 32 m2, dan bertempat di Lantai 2 gedung baru tersebut.

Pada awalnya Lab Skill Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan hanya digunakan untuk praktikum skill bagi mahasiswa D III keperawatan saja, namun setelah bergabung dengan Universitas Islam Sultan Agung dan mendirikan prodi S1 Keperawatan maka Lab Skill Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan digunakan secara bersama untuk praktikum skill bagi mahasiswa DIII dan S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan. Sedangkan untuk prodi DIII Kebidanan mempunyai Lab Skill terpisah dengan Lab Skill Keperawatan.

Lab Skill Keperawatan memiliki berbagai jenis alat kesehatan serta pantum yang digunakan untuk praktikum skill. Pembagian dan pengelompokan alat serta ruangan disesuaikan dengan tindakan pada masing-masing seminat.


Setiap mahasiswa keperawatan dari Fakultas Ilmu Keperawatan akan melaksanakan praktikum skill di Lab Skill Keperawatan, dimulai sejak semester awal, yaitu semester 1 bagi mahasiwa DIII Keperawatan dan semester III bagi mahasiswa S1 Keperawatan. Hal ini dikarenakan Lab Skill Keperawatan merupakan sarana dan prasarana bagi mahasiswa untuk mempelajari tindakan dan prosedur keperawatan, dengan didukung oleh pengajar yang berkompeten di bidangnya serta berkolaborasi dengan perawat Rumah Sakit Islam Sultan Agung demi terbentuknya mahasiswa yang memiliki kompetensi dan mampu mengkolaborasikan teori dan praktik di lapangan.
Sistem Pembelajaran didalam Lab Skill Keperawatan telah mengikuti sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi, sehingga setiap mahasiswa diwajibkan untuk menguasai kompetensi tindakan keperawatan sesuai dengan Target Kompetensi yang     telah ditentukan pada tiap-tiap semester, sebagai prasarat untuk dapat melaksanakan Praktik Belajar Klinik (PBK) di Rumah Sakit. Sehingga     diharapkan setiap mahasiswa yang melaksanakan praktik di Rumah Sakit sudah menguasai tindakan atau prosedur keperawatan yang akan     dilakukan.

Leave a reply