You are here:

Ucap Janji Prodi D3 Kebidanan

UCAP JANJI

MAHASISWA D III KEBIDANAN

Penyelenggaraan Capping Day merupakan tradisi di Akbid sebelum mahasiswa praktek lapangan. Ini mengingatkan pada kita sejarah menunjukan bahwa kebidanan merupakan salah satu profesi tertua didunia sejak adanya peradapan umat manusia. Bidan lahir sebagai wanita terpercaya dalam mendampingi dan menolong ibu – ibu yang melahirkan. Profesi ini mendudukan peran dan posisi seorang bidan menjadi terhormat di masyarakat karena tugas yang diembannya sangat mulia dalam memberikan semangat dan membesarkan hati ibu – ibu.  Disamping itu dengan setia mendampingi dan menolong ibu – ibu dalam melahirkan sampai sang ibu dapat merawat bayinya dengan baik.

Sejak zaman prasejarah, dalam naskah kuno sudah tercatat bidan di Mesir ( Siprah dan Poah) yang berani mengambil resiko membela keselamatan bayi laki – laki bangsa Yahudi ( sebagai orang terjajah oleh bangsa Mesir) Yang diperintahkan oleh Firaun untuk dibunuh. Mereka sudah menunjukan sikap etika moral yang tinggi dan taqwa kepada Tuhan dalam membela orang – orang yang berada pada posisi lemah,yang pada zaman modern ini kita sebut sebagai peran advokasi. Dalam menjalankan tugas prakteknya, bidan bekerja berdasarkan pada pandangan filosofi yang dianut, keilmuan, metode kerja, standar praktek pelayanan dan kode etik profesi yang dimilikinya.

Demikian juga menurut Charaka Samhita menyampikan sebagai sebagai profesi seperti halnya bidan harus memiliki:

  1. Pengetahuan
  2. Ketrampilan
  3. Pelaynan yang tulus
  4. kecantikan jiwa dan raga

Kami mengharapkan mahasiswa Akbid UNISSULA semarang yang saat ini dilakukan pemasangan kap dapatlah meniru tokoh – tokoh diatas dan senantiasa meningkatkan ilmu agar menjadi bidan yang professional. Sebagai awal praktek ini diadakan upacara pemasangan Kap (Caping Day) sebagai ciri profesi kesehatan khususnya Bidan.