You are here:

KURIKULUM INSTITUSIONAL D3 Kebidanan

WORKSHOP PENGEMBANGAN

KURIKULUM INSTITUSIONAL DIII KEBIDANAN BERBASIS KOMPETENSI

TAHUN 2011

 

Sebagai lulusan dari kurikulum berbasis isi, sebagian besar lulusan knowledge field yang diharapkan memadai. Evaluasi keberhasilan pendidikan yang telah dilaksanakan dilakukan oleh Perguruan Tinggi itu sendiri. Namun ketika mereka terjun ke masyarakat, dalam dunia kerja ternyata begitu banyak hal yang tidak mereka butuhkan tetapi mereka pelajari di bangku kuliah. Dan ternyata juga, begitu banyak pengetahuan dan ketrampilan yang seharusnya mereka miliki, namun tidak sempat mereka kembangkan selama bangku kuliah.

Menilik kesenjangan antara bangku kuliah dan dunia kerja, maka dikembangkanlah Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kurikulum ini dikembangkan dengan maksud agar lulusan mampu mengembangkan dirinya di dunia kerja, sekaligus menerapkan ilmunya sesuai yang diminati dan dipelajarinya.

Pendidikan dengan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan. Kompetensi yang sering disebut dengan standar kompetensi adalah kemampuan yang secara umum harus dikuasai lulusan. Kompetensi (kemampuan) lulusan merupakan modal utama untuk bersaing ditingkat global, karena persaingan yang terjadi adalah pada kemampuan sumber daya manusia. Oleh karena itu, penerapan pendidikan berbasis kompetensi diharapkan akan menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat global. Implikasi pendidikan berbasis kompetensi adalah pengembangan silabus dan sistem penilaian berbasis kompetensi

Berdasarkan dari pemikiran tersebut maka Prodi DIII Kebidanan FIK Unissula Semarang menyelenggarakan Workshop tentang “PENGEMBANGAN KURIKULUM INSTITUSIONAL DIII KEBIDANAN BERBASIS KOMPETENSI” dengan pembicara dari UGM dan sebagai tim kurikulum dari DIKTI yaitu ibu Sylvi Dewajani,Phd pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2011 bertempat di aula lantai 3 FIK, dengan peserta staf pengajar dan staf laboran di Prodi DIII Kebidanan FIK Unissula Semarang dengan tujuan yaitu dihasilkannya rumusan perubahan kurikulum DIII Kebidanan yang mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).