You are here:

BTCLS

Basic Cardiac Life Suppor & Basic Trauma Life Support For Nurse

 

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung yang  Menyelanggarakan pelatihan BTCLS "Basic Cardiac Life Suppor & Basic Trauma Life Support For Nurse". Pelatihan ini merupakan pelatihan bagi perawat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penanggulangan penderita gawat darurat. Dengan memberika besic pelatihan in

i diharapkan mahasiswa dapat memiliki skill dan praktek yang lebih baik dalam penanganan pasien trauma dan gawat darurat. BTCLS ini menjadi program unggulan dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung untuk D3 Keperawatan dan S1 Keperawatan, yang akan diadakan pada semester akhir.

BTCLS merupakan pelatihan yang menyediakan suatu metode yang dipercaya dalam penanganan kasus trauma dan pengetahuan dasar kepada pesertanya dengan cara :

1.      Menilai kondisi pasien dengan cepat dan teliti

2.      Resusitasi dan stabilisasi pasien menurut pioritas

3.      Menentukan tindakan jika kebutuhan pasien melebihi sesuatu kemampuan fasilitas

4.      Transfer pasien sesuai dengan kebutuhan

5.      Pastikan penanganan yang diberikan optimal

Dengan pelatihan BTCLS diharapkan peserta dapat ;

1.      Menentukan manajemen penanganan kasus trauma berdasarkan prioritas

2.      Memulai managemen primary dan secondary survey Mengacu pada “golden hour” dalam penanganan kasus gawat darurat

3.      Dapat mempraktekkan pengkajian fisik pada pasien multiple trauma sesuai dengan konsep yang diajarkan

 

Materi pelatihan yang diberikan diantaranya : Airway And Breathing management, Circlation and Shock, arythmia lethal, Electro Cardio Graphy, Electrical Theraphy, automatic external defibrilation, Head-spinal-thohax-abdomen-musculosceletal trauma, extrication-stabiilization-lifting-moving, disaster and triage. Setelah mengikuti pelatihan peserta akan mendapatkan dua sertifikat yaitu sertifikat BCLS terakreditasi PP PERKI dan sertifikat BTLS terakreditasi PP PPNI.