SUMPAH DIII KEPERAWATAN

Perawat Milenial Perawat Syariah

“Menjadi Program Studi Diploma III Keperawatan Islam terkemuka yang menghasilkan perawat Vokasional, terampil dalam pemenuhan kebutuhan spiritual, mampu berkompetensi ditingkat internasional sebagai bagian dari generasi khaira ummah dalam rangka rahmatan lil alamin” itu adalah Visi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung (FIK Unissula).

Demi mewujudkan Visi tersebut, FIK Unissula telah menyelenggarakan kegiatan sumpah profesi sebagai bentuk komitmen fakultas terhadap legalitas lulusan D3 Keperawatan. Sumpah profesi bukan merupakan tujuan akhir dari terselenggaranya sebuah program studi, melainkan adalah pendayagunaan alumninya ditempatkan dimana untuk bisa bekerja setelah mereka kaluar dari akademik ??? ini merupakan pertanyaan besar dan tantangan yang harus dijawab oleh setiap penyelenggara program studi, mengingat sekarang adalah era revolusi industry 4.0 dimana ratusan program studi yang sama juga menghasilkan lulusan perawat vokasional.

Bekal apa yang sudah diberikan oleh fakultas untuk alumninya bekerja??? Ini juga pertanyaan yang besar. Apakah program studinya sudah terakreditas, apakah program studinya sudah menyelenggarakan pendidikan akademik sesuai kurikulum AIPVIKI, dan apakah alumninya sudah lulus UKOM, ini adalah kriteria standar sebuah program studi. Sekali lagiiii … di era revolusi industry 4.0 ini sudah ada ratusan program studi yang sama …. Namun lapangan kerja membutuhkan perawat yang memiliki kemampuan spesial.

FIK Unissula pada tanggal 24 September 2019 telah melangsungkan kegiatan sumpah perawat Vokasional yang diikuti sebanyak 60 mahasiswa, 26 diantaranya telah diterima dan siap untuk bekerja di 7 RS Sari Asih, dan pada bulan Oktober akan ada perekrutan dari RS KSH Pati. Pertanyaannya, antusiasme apa yang menyebabkan Tujuh RS Sari Asih dan KSH Pati rela datang langsung ke FIK untuk merekrut lulusannya, bahkan sebelum dinyatakan lulus UKOM dan belum diwisuda? Apakah alumninya punya kemampuan spesial???

Jawabannya adalah “Iya”, adanya program pembekalan UKOM yang dilakukan secara TSM “Terstruktur, Sistematis dan Massif” mampu mencetak lulusan UKOM mahasiswa mencapai 97%, hal ini membawa nama Program Studi D3 FIK Unissula sebagai salah satu program studi terbaik di Jawa Tengah. Selain itu adanya sertifikat sebagai “Perawat Syariah” yang ditandatangani langsung oleh dr. H Masyhudi AM, M.Kes sebagai Ketua MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia) mampu memberi peluang alumni untuk mudah bekerja dengan masa tunggu 0 tahun. Kuliah di Unissula, Agama Yes, Prestasi OK”.

 

 

Leave a reply