Performance Profesional Competence Nursing Program

Pertumbuhan dan perkembangan Rumah Sakit di Indonesia berjalan begitu pesat sejalan dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pelayanan kesehatan dan perkembangan asuransi kesehatan baik dalam bentuk BPJS maupun bentuk asuransi yang lainnya, dampak positif dari keadaan ini adalah dibutuhkan sumber daya manusia kesehatan yang handal, terampil dan berpengetahuan tinggi.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun mencetak tenaga keperawatan profesional ( Program Ners dan  D3 Keperawatan)  untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga keperawatan professional di Indonesia.

Untuk meningkatkan daya serap kerja alumni, Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK UNISSULA) Semarang, mengadakan program kerja sama yang saling menguntungkan dengan beberapa Rumah Sakit di Jawa Tengah dan Jawa Barat meliputi Rumah sakit QIM Batang, RS Keluarga Sehat Pati, RS Awal Bross Tangerang dan Bekasi.  Adapun program yang dilakukan adalah  “ Program Unjuk Kompetensi Profesional Keperawatan ”  (Performance Profesional Competence Nursing Program) yang merupakan program unggulan FIK UNISSULA. Beberapa RS yang dipilih berdasarkan  kesamaan visi dan misi dengan FIK UNISSULA. Saat ini FIK Unissula masih berusaha untuk menjalin kerja sama dengan beberapa RS yang lainnya meliputi RS Harapan Anda Tegal dan RS PKU Muhammadiyah Cepu. Program ini akan memberikan keuntungan bagi Rumah Sakit dalam pemenuhan kebutuhan perawat dengan mempertimbangkan aspek penilaian komprehensif  sehingga akan mendapatkan perawat/Ners yang benar-benar profesional sesuai yang diharapkan. Pemilihan tenaga Keperawatan yang tepat akan meningkatan kualitas praktek keperawatan dan peningkatan mutu pelayanan di Rumah Sakit.

Saat ini sebanyak 55 mahasiswa Program Profesi Ners Angkatan ke-6 Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula telah mengikuti Performance Profesional Competence Nursing Program di beberapa Rumah Sakit tersebut di atas. Dengan adanya program unggulan ini, diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan sebelum mereka diwisuda.

Leave a reply