INTERNATIONAL NURSES DAY

INTERNATIONAL NURSES DAY

International Nurses Day (Hari Perawat Internasional) adalah hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat. Dirayakan setiap tanggal 12 Mei tiap tahunnya. tanggal 12 Mei dipilih untuk merayakan Hari Perawat Internasional karena itu merupakan hari ulang tahun kelahiran Florence Nightingale, yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern.

Hari keperawatan dunia tak lepas dari peran Florence Nightingale. Florence Nightingale (Firenze,Italia, 12 Mei 1820 – 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern. Ia dikenali dengan nama The Lady With The Lamp dalam bahasa Inggris yang berarti “Sang Wanita dengan Lampu”. Nama depannya, Florence merujuk kepada kota kelahirannya, Firenze dalam bahasa italia atau Florence dalam bahasa inggris

Florence dilahirkan dalam keluarga berada dan tumbuh sebagai wanita yang menawan dan periang yang mempunyai masa depan yang cerah. Bagaimanapun penderitaan yang dilihatnya semasa peperangan di semenanjung krim,Rusia, menyebabkan hati Florence Nightingale tersentuh melihat penderitaan tentara yang luka dan dibiarkan saja dalam rumah sakit yang kotor.

Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kiat juru rawat. Florence Nightingale memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti kepada keperluan pasien.

Setiap tahun, pada peringatan Hari Keperawatan Sedunia (International Nurses Day / IND) mengusung tema tertentu yang berbeda setiap tahunnya.

Adapun tema International Nurses Day tahun 2016 adalah : Nurses: A Force for Change: Improving health systems’ resilience.

Segenap civitas akademika Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula Semarang memperingati International Nurses Day dengan mengadakan Upacara di depan gedung FIK Unissula. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula Bapak Iwan Ardian, M.Kep menyampaikan bahwa “Kita (perawat dan mahasiswa keperawatan) adalah bagian dari perawat international”. Untuk itu, mahasiswa keperawatan Unissula harus meningkatkan kemampuan diri untuk bisa bersaing dengan perawat dari belahan dunia. Dekan FIK Unissula juga berpesan kepada mahasiswa untuk memperbaiki niat supaya bisa menjadi perawat internasional.

Untuk mempersiapkan mahasiswa keperawatan Unissula berkompetisi di kancah International, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula sedang memulai program English for Nursing. Diharapkan nantinya, alumni FIK Unissula bisa bekerja di negara Timur Tengah, Eropa dan Asia.

Leave a reply